-->

Doa Memohon Perlindungan Untuk Anak Dari Kejahatan Semua Makhluk

Akhir-akhir ini banyak kejadian yang membuat orang tua khawatir terhadap keselamatan anak-anaknya. Ada kasus penculikan anak untuk diperdagangkan organnya, tindakan asusila terhadap anak-anak dan juga kasus-kasus kekerasan yang banyak terjadi pada anak. Semua itu mengkhawatirkan kita semua sebagai orang tua yang memiliki anak belum cukup dewasa, sehingga kita harus berdoa memohon perlindungan kepada Allah agar menjaga anak-anak kita dari kejahatan seluruh makhluk.

Dibawah ini ada beberapa bacaan doa mohon perlindungan untuk anak kita  yang dapat kita amalkan setiap saat  atau paling tidak setiap kita habis melaksanakan sholat fardhu kita membaca doa ini. Rasulullah SAW pun juga membaca doa mohon perlindungan untuk cucunya yaitu Hasan dan Husain.


doa Nabi Muhammad dan Ibrahim Untuk anak-anak



Dalam sebuah riwayat dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, menyatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memohonkan perlindungan untuk Hasan dan Husain. Rasulullah membaca:

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّة

U'IIDHUKUMAA BIKALIMAATIL LAAHIT TAAMMATI MIN KULLI SYAITHOONIN WA HAAMMATIN WAMINKULLI 'AININ LAAMMATI

 Artinya :

"Aku memohon perlindungan dengan kalimat Allah yang sempurna untuk kalian berdua, dari gangguan setan dan binatang berbisa, dan dari pandangan mata (ain) yang membuat sakit." (HR. Bukhari & Abu Daud )

Dalam hadis Ibnu Abbas di atas, setelah Rasulullah mengajarkan doa tersebut, beliau bersabda,

كَانَ أَبُوكُمْ يعوذ بِهِمَا إِسْمَاعِيل وَإِسْحَاق
 Artinya :

"Ayah kalian (Ibrahim) memohon perlindungan untuk Ismail dan Ishaq dengan kalimat doa tersebut." (HR. Abu Daud).


Dari Muhammad bin Ali dari ayahnya, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memohonkan perlindungan untuk Hasan dan Husain, beliau membaca,

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّة
 Artinya :

"Aku memohon perlindungan dengan kalimat Allah yang sempurna untuk kalian berdua, dari gangguan setan dan binatang berbisa, dan dari pandangan mata (ain) yang membuat sakit."

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَوِّذُوا بِهَا أَبْنَاءَكُمْ، فَإِنَّ إِبْرَاهِيمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ، كَانَ يُعَوِّذُ بِهَا ابْنَيْهِ إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ
 Artinya :

"Jadikanlah kalimat ini untuk memohon perlindungan dari gangguan setan bagi anak kalian. Karena Ibrahim ‘alaihis salam, beliau memohon perlindungan untuk Ismail dan Ishaq dengan kalimat doa tersebut." (HR. Abdur Razaq dalam Mushannaf, no. 7987).

Selain menggunakan doa perlindungan untuk anak di atas, bagi orang tua juga disunnahkan memperbanyak perlindungan kepada Allah untuk anak setiap pagi dan sore hari semampunya atau dari waktu ke waktu. Caranya adalah  dengan  meniup atau meludah tipis di tangan dan membacakan al Mu’awwidzaat  (surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas), setelah itu mengusapkannya ke seluruh tubuh anak sebanyak tiga kali. Ini juga yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketika Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam mengeluh karena merasakan sesuatu, maka beliau melakukannya dan mengusapkannya ke kepala dan seluruh badan. Beliau melakukan hal itu ketika hendak tidur.

Dalam hadist disebutkan:

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam jika hendak berbaring untuk tidur, maka ia meniupkan ke tangannya, lalu membaca al Mu’awwidzaat (surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas) dan mengusapkan kedua tangannya ke seluruh badan.”

(HR. Al-Bukhari [Fat-hul Baari XI/125] dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha).

Dan dalam riwayat al-Bukhari [al-Fath IX/62], Muslim [Syarh an-Nawawi XIV/183], dari hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha juga, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam jika merasakan sesuatu pada dirinya, maka Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam meniup pada kedua telapak tangannya dan membaca al Mu’awwidzaat (surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas), kemudian mengusap seluruh badannya.

Demikian penjelasan tentang doa mohon perlindungan untuk anak dari segala kejahatan makhluk dan juga dari segala marabahaya. Silahkan diamalkan karena Nabi juga mengamalkannya ketika mohon perlindungan untuk cucunya Hasan-Husain, juga Nabi Ibrahim yang berdoa mohon perlindungan untuk putranya yiatu Ismail dan Ishaq.


Semoga bermanfaat...

0 Response to "Doa Memohon Perlindungan Untuk Anak Dari Kejahatan Semua Makhluk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel